Rumus VLOOKUP dan HLOOKUP

Fungsi HLOOKUP dan VLOOKUP digunakan untuk membaca suatu table secara horizontal (VLOOKUP) atau secara vertical (VLOOKUP). Bentuk umum penulisan fungsi ini adalah:

=HLOOKUP(Lookup_value, Table_array, Row_index_num,….) 

=VLOOKUP(Lookup_value, Table_array, Col_Index_num,….) 

Fungsi HLOOKUP dan VLOOKUP Dari rumus diatas, dapat dilihat bahwa bedanya hanya pada nomor indeksnya saja, kalau kita pakai HLOOKUP, maka digunakan nomor indeks baris (Row_index_num),
tapi kalau pakai VLOOKUP digunakan nomor indeks kolom (Col_index_num).

Nomor indeks adalah angka untuk menyatakan posisi suatu kolom/baris dalam table yang dimulai dengan nomor 1 untuk kolom/baris pertama dalam range data tersebut. Secara umum bentuk yang dipakai adalah tabel vertikal 


Perhatikan contoh tabel berikut:
 


Bagian yang akan dijadikan table_array adalah Range B4 s.d E8 Langkah yang harus dilakukan adalah:
  • Block dari B4 s.d E8
  • Pada tab Formulas pilih Define Name
  • Pada kolom Name: isikan nama tabel misalnya datanama sementara bagian yang lain biarkan saja karena sudah menyesuaikan dengan hal yang sudah kita lakukan sebelumnya 
  • Maka, Range kolom pertama (paling kiri) akan menjadi data yang disesuaikan pada Lookup_value, sedangkan yang digunakan sebagai Col_Index_num adalah range kolom ke 2, 3 dan 4. 
Contoh penggunaan VLOOKUP:

=VLOOKUP(B11;datanama;3;0) 

Jika data pada kolom B11 adalah Bravo maka fungsi ini akan memunculkan data pada kolom ke 3 pada baris data Bravo yaitu 70, Jika B11 adalah Echo maka nilai yang muncul 75

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Menyembunyikan Worksheet

Memisahkan data Tempat dan Tanggal Lahir

Membuat Link Tautan antar Worksheet